Kamis, 07 Desember 2017

Liburan Murah Ke Pantai Cipanarikan



Cipanarikan yang Eksotis.



BBQ-an di Pantai Cibuaya.
Pada bulan september lalu, saya dan keluarga mengunjungi salah satu pantai yang berada di Sukabumi, Jawa Barat. Perjalanan Bekasi - Sukabumi memakan waktu hingga 10 jam dengan menggunakan mobil pribadi. Kondisi jalan yang saat itu sedang dalam perbaikan menghambat perjalanan kami.

Pada pukul 23.50, kami sampai di kawasan Pantai Ujung Genteng, tepatnya Pantai Cibuaya yang berada di Jalan Ciburial, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Kami langsung menyewa homestay atau pondok untuk beristirahat. Harga homestay-nya cukup murah, hanya dengan membayar 200ribu rupiah saja permalamnya. Fasilitasnya ada satu extra bed, TV, dan kipas angin. Yah, namanya juga murah tapi nyaman kok.

Pagi harinya kami langsung bergegas menuju ke Pantai Cibuaya, yang memang jaraknya sangat dekat sekali dari homestay. Pasang hammock diantara pohon pinggir pantai, ditemani angin yang nyiur melambai, deruan ombak, juga sunrise yang sedikit tertutup pepohonan, sambil nungguin pacar lagi BBQ, nikmat yang mana lagi yang kau dustakan?

Selesai BBQ-an kami langsung berangkat ke tujuan utama kami yaitu Pantai Cipanarikan yang masih berada dalam kawasan wisata Pantai Ujung Genteng. Untuk menuju kesana butuh waktu kurang lebih 20-30 menit dengan menggunakan mobil. Jalannya masih tanah berpasir dan bebatuan, selain itu juga ada perbaikan jalan yang di aspal. Sampai di area parkir, saya kira bakal ada loket pembelian tiket untuk masuk ke kawasan pantai ternyata tidak ada. Kami hanya diberikan tiket untuk parkir saja.

Sungai Cipanarikan. 
Dari area parkir kami harus berjalan kaki masuk kedalam hutan lindung sekitar 3 hingga 5 menit dan disana akan terlihat hamparan pasir putih yang sangat luas sekali. Pantai Cipanarikan ini sangat unik lho, karena merupakan tempat bertemunya aliran Sungai Cipanarikan dengan air laut. Sungai Cipanarikan ini membentuk sebuah alur membelok sebelum aliran airnya masuk kedalam laut, sehingga membentuk sebuah hamparan pasir yang begitu luas dengan tekstur pasirnya yang sangat halus. (Sumber: https://www.tempatwisatamu.com/6-pantai-indah-di-ujung-genteng-sukabumi.html )

Karang ditepian pantai.
Selain memiliki hamparan pasir putihnya yang halus dan luas, Cipanarikan juga mempunyai batu karang yang berada ditepian pantai, banyak ikan-ikan kecil yang terjebak di karang karena terbawa ombaknya yang sangat besar , air lautnya yang berwarna hijau kebiruan semakin mempercantik pantai ini. 

Pantai Cipanarikan masih tergolong sepi, padahal Cipanarikan termasuk Pantai yang eksotis. Semoga banyak wisawatan lokal maupun mancanegara yang tertarik berkunjung kesini. Tapi tetap jaga kelestarian lingkungan dan cintai alamnya ya guys.. 


Note: 
Tiket Masuk Kawasan Pantai Ujung Genteng : Rp. 27.000 / Mobil
Parkir Area Pantai Cipanarikan : Rp. 10.000 / Mobil
Homestay : Rp. 200.000 / Malam












1 komentar:

Taman Nasional Baluran Africa Van Java

Taman Nasional Baluran , sebuah nama yang diambil dari Gunung Baluran yang terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo i...