Minggu, 10 Desember 2017

Taman Nasional Baluran Africa Van Java


Taman Nasional Baluran, sebuah nama yang diambil dari Gunung Baluran yang terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo ini dijuluki sebagai Africa Van Java. Karena memiliki padang savana yang luas dan banyak satwa-satwa liar yang hidup disana. Misalnya rusa, monyet ekor panjang, kerbau, banteng dan juga buruk merak. Dari pintu masuk TN Baluran langsung disuguhkan pemandangan hutan diantaranya Hutan Musim dan Hutan Evergreen disebelah kiri dan kanan sepanjang 12 kilometer hingga menuju savana Bekol. Hutan Musim yang jika pada musim kemarau akan selalu kering dan berwarna kecoklatan juga rawan kebakaran. Sedangkan Hutan Evergreen adalah hutan yang sepanjang tahun selalu hijau dan tak pernah kering karena berada di wilayah cekungan dimana terdapat sungai bawah tanah. 



Padang Savana Bekol 
Savana Bekol memiliki luas 300 Ha dari total 10 ribu Ha luas savana di Baluran, dan menjadi salah satu savana terluas di Pulau Jawa lho. Sejauh mata memandang dimanjakan oleh hamparan rumput, hewan liar juga gagahnya Gunung Baluran. 


Pantai Bama
Selain luasnya savana, rimbunnya hutan, di TN Baluran juga terdapat sebuah pantai yang sangat kaya akan biota bawah lautnya. Saat memasuki area pantai pengunjung disambut oleh para monyet ekor panjang. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan jangan kasih makan sembarangan ya karena monyetnya liar. Jangan lupa menjaga barang bawaan, tutup pintu mobil kalau tidak ingin dimasuki oleh gerombolan monyet. 

Fasilitas di Pantai Bama cukup memadai, ada bangunan mushola, kamar bilas bagi para pengunjung setelah berenang di pantai, juga toilet umum, dan ada juga penginapan untuk para wisatawan yang berkunjung. Pemandangan disini pun tidak kalah menariknya dari savana Bekol. Hamparan pasirnya cukup halus, lebatnya hutan mangrove, dan ombak tidak terlalu besar sehingga aman untuk anak-anak berenang. 
Pantai Bama berada di perairan selatan Bali dan tepat menghadap ke timur, sehingga pengunjung bisa menikmati matahari terbit. Aktivitas yang dapat kita lakukan disini adalah menyusuri pantai, menjelajahi mangrove, berkano dan juga snorkeling. 



Taman Nasional Baluran bukan hanya tempat untuk berwisata, melainkan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan dan juga menunjang budidaya. 


1 komentar:

Taman Nasional Baluran Africa Van Java

Taman Nasional Baluran , sebuah nama yang diambil dari Gunung Baluran yang terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo i...